Di Indonesia sebagian masyarakat menyebutnya dengan nama Bunga Lawang atau Pekak, salah satu bumbu penyedap dan pengharum masakan yang di dunia barat di sebut juga dengan nama Star Anise – sesuai dengan bentuknya yang meruncing seperti bintang, banyak sekali di gunakan untuk masakan yang mengandalkan banyak rempah dengan bau yang tajam seperti misalnya rending.

Bumbu yang aslinya berasal dari daratan Tiongkok ini mulai mendunia di awal abad ke 17 di bawa oleh para pedagang dari negeri tirai bamba ke hampir seluruh pelosok dunia. Namun kemudian sangan popular sebagai pelengkap bumbu masakan di banyak Negara Asia.

Dengan nama latin yang cantik “Illicium Verum” bumbu rempah yang satu ini walau tampak seperti bunga, namun sebenarnya adalah buah dari pohon Pekak yang memiliki bunga mungil berwarna kuning. Pohon ini bisa mencapai ketinggian hingga 8M dan sangat baik tumbuh di daerah tropis.

Selain menjadi penyedap masakan rempah yang satu ini juga mampu mengatadi gangguan pencernaan, melancarkan fungsi diuretic, salah satu bahan obat batuk, mengurangi rasa mual untuk ibu hamil dan mencegah Flu. Dalam bentuknya sebagai minyak, Bunga Lawang berkasiat untuk meredakan sakit sendi.

Written by:
Lina Paramitha
linaparamitha@yahoo.com
https://apotekdapur.wordpress.com
Advertisements