Rempah asli Indonesia in sudah menjadi primadona baik sebagai rempah-rempah penambah cita rasa masakan, juga terutama sebagai komodita bisnis yang sangat menggiurkan untuk wilayah tropis seperti Madagaskar, India, Banglades, Zanzibar, Pakistan, Srilanka, Tanzania dan terutama Indonesia.

Pohon Cengkeh bisa mencapai ketinggian hingga 12 meter. Pucuk bunganya yang yang berwarna merah segar kita kenal sebagai Cengkeh ini sebaiknya di panen ketika ukurannya sudah mencapai 1.5-2 CM. Karena saat mencapai ukuran tersebut kandungan yang ada dalam bunga Cengkeh akan mencapai titik tertingginya.

Bunga mungil yang menjadi kecoklatan setelah di keringkan ini memiliki cita rasa dan bau yang khas, sedikit pedas, sehingga sering di gunakan sebagai bumbu masakan pedas untuk masakan-masakan di Eropa.

Selain itu Cengkeh juga di pergunakan sebagai bahan baku obat-obatan dan terutama campuran rokok.
Cengkeh kering mampu di simpan berbulan-bulan dalam wadah kedap udara

Memiliki nama latin yang cukup cantik Syzygium aromaticum, Cengkeh mengandung komponen kimia utama Eugenol yang dapat di gunakan untuk berbagai macam pengobatan seperti anti inflamasi, antibiotic, pereda sakit gigi dan radang, memperbaiki system pencernaan, menghangatkan tubuh, meredakan batuk, menyehatkan jantung, mengatasi sinusitis dan juga mampu menghilangkan flek pada wajah.

Written by:
Lina Paramitha
linaparamitha@yahoo.com
https://apotekdapur.wordpress.com